CHAPTER
2 : GLOBAL E-BUSINESS AND COLLABORATION
By:
Rendy
Yunanto C1C011022
M. Yanuar Sri C1C011023
Husnudin Azmi C1C011028
Eko Hari Suryono C1C011047
Boerman A Hutapea C1C011060
M. Yanuar Sri C1C011023
Husnudin Azmi C1C011028
Eko Hari Suryono C1C011047
Boerman A Hutapea C1C011060
Kasus 1
: Domino’s sizzles dengan pizza tracker
Ketika
mengingat sebuah pizza,setiap orang punya opini masing-masing.beberapa orang
berpikir bahwa pizza yang sekarang memang lebih baik apa adanya.yang lain
mempunyai favorit pizza yang membuatnya beda dengan pizza yang lain. Rangkaian
pasar “pesan antar “ untuk pizza kira-kira mencapai $15 miliyar dollar per
tahun. Untuk menemukan cara berinovasi adalah dengan merombak sistem
pemprosesan transaksidi dalam toko dan dengan menyediaakan pelayanan yang lain
yang berguna bagi pelanggan,seperti pizza tracker (pelacak pizza) dan yang
lebih penting domino’s mencoba dengan keras untuk mengatasi reputasinya yaitu
kualitas yang rendah dengan secara bertahap memperaiki bahan-bahan dan
kesegaran.
Domino’s
adalah bagian dari pertarungan yang panas diantara rangkaian perusahaan pizza
yang terkemuka,termasuk pizza hut,papa John’s,litle caesar. Domino’s memiliki
sistem poin penjualan,pulse,yang mana adalah aset yang penting untuk tetap
konsisten dan fungsi managemen yang efisien dala setiap restorannya. Sebuah
sistem nilai penjualan mencatat data pembelian dan pembayaran di dalam
pencatatan fisik dimana barang atau jasa dibeli dan dijual mengguanakan
komputer,kas pita register,scaner atau alat digital yang lain.
Di tahun
2003 domino’s mengimplementasikan pulse pada porsi yang besar didalam
restorannya dan restoran tersebut melaporkan pelayanan pelanggan yang
berkembang lebih baik mengurangi kesalahan dan memperpendek waktu pelatihan
calon pekerja. Sejak saat itu,pulse menjadi inti utamanya dari semua franchise
domino’s. Baru-baru ini domino meluncurkan platfrom hardware dan software baru
yang disebut pulse evolution. yang mana sekarang digunakan hampir setiap
restoran pizza yang lebih dari 5.000 cabang di US. Pulse evolution mengembangkan
pada teknologi yang lebih lama dengan beberapa cara yang pertama software lama
yang menggunakan model pemadatan pelanggan,yang membutuhkan penggunaan mesin
secara penuh dilengkapi dengan komputer personal dengan sistem windows. Pulse
evolution menggunakan rancangan pemadatan pelanggan yang dihubungkan tempat
kerja dengan daya pemprosessan pengkoleksian data yang sedikit independen dan
mengirimkan semuanya melalui internet ke komputer lenovo untuk
pemprosesan.keminimalan harddrive,kipas dan beberapa kompenen,membuat biaya
lebih rendah dan mudah untuk perawatan. Pulse evolution juga lebih mudah untuk
mengaupdate dan mengamankan sistem,sejak saat itu hanya ada satu mesin dalam
tempat penyimpanan yang perlu di update.
Domino’s
mengeluarkan sistem pemasaran onlinenya yang memiliki nilai seni,termasuk pizza
tracker. Sistemini mengijinkan para pelanggan untuk melihat gambar pizza baik
ukuran,saos dan toping. Seriap gambar berubah sesuai keinginan konsumen lalu
ketika pelanggan memesan mereka dapat melihat secara online pizza tracker. Pada
saat pelanggan memesan lewat telepon,mereka dapat melihatnya pada web
menggunakan pizza tracker dengan bantuan pulseevoulition. Pada tahun 2010
domino’s memperkenalkan sebuah sistem survei online untuk mendapatkan informasi
dari hal tersebut.
Seandainya
terjadi perubahaan yang sangat besar dalam sistem,domino’s berpengalaman dalam
menanggualangi. Domino’s menginginkan franchise mereka untuk memilih pulse
untuk memenuhi kebutuhan mengamankan data,tetapi beberapa franchise berganti
dari pulse dan mencari alternatif yang lain. Setelah domino’s memaksa franchise
mereka untuk menggunakan pulse,pengadilan Amerika Serikat menyarankan domino’s
agar tidak memaksa franchisenya untuk menggunakan sistem pulse.
Pizza
hut dan papa John’s juga memiliki kemampuan pemesanan secara online.Tetapi
lebih sedikit dari pizza tracker. Sekarang pesanan secara online sebanyak 20%
berasal dari domino’s.tetapi persaingan untuk menjual pizza dengan teknologi
yang semakin maju semakin kompleks,pelanggan pizza sekarang bisa menggunakan
i-Phone dan pelanggan papa John’s dapat memesan hanya dengan mengirim lewat
sms. Semua restoran pizza yang berkelas akan terus mengembangkan inovasi dalam
proses pemesanan pizza.
JAWABAN PERTANYAAN KASUS
- Transaction Processing Systems adalah sistem komputerisasi yang melakukan dan mencatat transaksi rutin harian yang diperlukan untuk melakukan bisnis, seperti pesanan penjualan masuk, pemesanan hotel, penggajian, catatan karyawan tetap, dan pengiriman. Deskripsi dari proses bisnis.di kasus ini domino’s mengguanakan sistem yang disebut pulse dan kemudian berkembang menjadi pulse evolution yang terdiri dari hardware dan software selanjutnya domino’s menggunakan sistem pemesanan yaitu pizza tracker.
Input: data pembelian dan pembayaran barang dan jasa
Proses : (pulse evolution) pertama,software pemesanan
menggunakan “thick-client” model yan mana membutuhkan semua mesin yang
menggunakan software yang dilengkapi secara penuh dengan komputer pribadi yang
menggunakan windows.pulse evolution di pihak yang lain menggunakan arsitektur
“thick-client”yang mana di tempat kerja yang memiliki network dengan daya
memproses dan mengumpulkan data dan mengirimkannya lewat internet yang didukung
oleh komputer pribadi lenovo untuk memprosesnya. Dan juga pulse evolution mudah
di update dan lebih aman karena,hanya ada satu mesin di restoran yang harus di
update.
Output : data yang digunakan oleh managemen domino’s untuk
memperbaiki pelayanan pelanggan,mengurangi kesalahan dan waktu pelatihan.
- Dengan sistem tersebut dapat membantu domino’s dengan cara menyediakan data yang relatif akurat seperti data pembelian dan pembayaran jasa sehingga data tersebut dapat digunakan managemen domino’s untuk tetap konsisten dan efisien dalam menerapkan fungsi managemennya di setiap restoran. Sehingga dapat dicapai pelayanan konsumen yang lebih baik mengurangi kesalahan dan meperpendek waktu pelatihan pegawai baru.
- Sistem pemesanan online yang mereka gunakan mempermudah para pelanggan dalam memesan pizza. Para pelanggan tidak harus datang langsungke restoran, mereka hanya cukup menghubungi melalui telepon ataupun melalui web restoran. Selain itu mereka juga bisa memilih beragam pilihan pizza dan melihat langung proses pembuatan secara online. Dengan kemudahan dan keunikan ini membuat pelanggan menjadi tertarik dan lebih puas.
- Domino’s menggunakan sistem Pulse, yaitu sistem yang mengumpulkan informasi pembelian maupun pembayaranpada suatu tempat dimana barang dan jasa dijual maupun dibeli menggunakan komputer, cash register, scanner dan peralatan digital lainnya
KASUS 2 : MEETING DI DUNIA MAYA = TEKNOLOGI CANGGIH
Akhir akhir ini muncul teknologi
untuk mengadakan pertemuan dan meeting tanpa ada tatap muka antar individunya
yaitu videoconference. Sekitar 20% dari perjalanan untuk melakukan pertemuan
bisnis digantikan dengan teknologi videoconference dengan online.
Videoconference memberikan dua atau lebih individual di beberapa wilayah untuk
berkomunikasi dua arah atau lebih melalui jasa internet. Videoconference sekarang
berkembang sebesar 30% setiap tahunnya karena videoconference tersebut
mengurangi biaya dan memberikan manfaat lain yaitu kemudahan untuk bertemu
dengan partner, anak perusahaan, kolega, dan supplier diseluruh dunia.
Hari – hari ini sistem
videoconference memberikan tampilan/gambar yang lebih baik. Diatas dari
teknologi videoconference dikenal dengan telepresence. Telepresence membuat
pengguna merasakan seperti mereka benar benar ada di daerah tersebut.
Telepresence menyediakan kualitas videoconference yang lebih tinggi di pasar.
Cisco System menginstall sistem telepresence di lebih 500 organisasi di dunia.
Di masa lalu produk
videoconference sangat tidak mungkin digunakan oleh bisnis kecil karena biaya
yang tinggi tapi akhir-akhir ini, LifeSize mengenalkan produk videoconference
yang lebih murah. Sekarang produk videoconference sangat mudah digunakan oleh
bisnis kecil dengan menggunakan videoconference dengan kualitas yang tinggi.
Sekarang muncul produk videoconference seperti Skype yang gratis di install. Produk
ini memiliki kualitas yang lebih rendah dari videoconference yang berbayar dan
mereka hanya dapat berbicara dengan orang yang menggunakan sistem yang sama.
Videoconference yang terbaik dapat berinteraksi dengan alat yang berlainan
seperti multi-party conferencing, video mail dengan penyimpanan yang tidak
terbatas, tidak ada biaya hubungan dengan jarak jauh, ada call history.
Sebelum perusahaan menginstal
videoconference dan telepresence, maka perusahaan sebaiknya memastikan apakah
mereka benar-benar membutuhkan teknologi tersebut untuk menghindari ancaman
kerugian. Perusahaan harus mengetahui bagaimana karyawan mengadakan pertemuan
dan dengan teknologi apa, kemampuan mereka dalam berhubungan dan seberapa
banyak mereka melakukan travelling. Karena videoconference ini banyak karyawan
yang dapat membawa pekerjaannya kerumah dan mengefisiensikan kehidupan pribadi
mereka.
JAWABAN PERTANYAAN KASUS
1.
Setuju, karena dengan videoconference ,para
karyawan ataupun perusahaan dapat bertemu dan berkomunikasi secara langsung
dengan seperti nyata dengan partner-partnernya misalnya supplier, pemegang
saham,kolega dan anak perusahaan di berbagai daerah yang berbeda dengan cepat
dan menghilangkan biaya perjalanan dinas untuk bertemu dengan pihak luar
perusahaan tersebut.
2.
Perbedaan antara videoconference dan telepresence
adalah telepresence memberikan efek yang lebih nyata kepada pengguna seperti
mereka sedang berada di wilayah tersebut daripada resolusi gambar dari
videoconference yang lebih rendah.
3.
Videoconference menghemat biaya perjalanan dinas
yang seharusnya ada untuk bertemu dengan pihak luar perusahaan. Sehingga
perusahaan dapat menggunakan penghematan tersebut ke investasi lain/ dalam
proses produksi perusahaan. Selain itu videoconference juga memudahkan
komunikasi dengan pihak luar seperti konsumen, supplier. Sehingga perusahaan
dapat mengetahui dan menanyakan secara langsung dan cepat tentang produk
barang/jasa yang diproduksi perusahaan.
4.
Saya mengidentifikasikan terlebih dahulu seberapa
sering perusahaan saya sering melakukan pertemuan dengan pihak luar di daerah
yang berbeda dan jauh dari tempat perusahaan beroperasi. Selain itu juga apakah
perusahaan saya memiliki jaringan internet yang cukup untuk mengoperasikan
videoconference tersebut.
Jika Perusahaan saya sering
melakukan pertemuan ke daerah lain dan perusahaan saya memiliki jaringan
internet yang cukup maka saya akan menginstal dan mengimplementasikan
videoconference di perusahaan saya
Jika Perusahaan saya tidak
sering melakukan pertemuan ke daerah lain dan hanya di daerah tempat perusahaan
beroperasi saja dan perusahaan saya tidak memiliki jaringan internet yang cukup
maka tidak akan menginstal dan mengimplementasikan videoconference diperusahaan
saya.
JAWABAN PERTANYAAN TENTANG SITUS WEBEX
- Dengan webex perusahaan –perusahaan dapat secara gratis dalam jangka waktu tertentu melakukan meeting/pertemuan dengan pihak luar dan melakukan aktivitas lain seperti pelatihan, penjualan, kolaborasi dengan perusahaan lain, membandingkan produk dll. Dengan webex perusahaan dapat menghemat biaya pertemuan dan perjalanan dinas perusahaan kecil dan besar
- Webex menyediakan videoconference yang gratis dalam jangka waktu tertentu dan kualitas yang lebih baik, cepat dan memiliki banyak konten dan manfaat selain pertemuan misalnya aktivitas penjualan, pelatihan, kolaborasi dan membandingkan produk. Dan dapat diakses di semua alat/ device elektronik seperti iPhone, Blackberry, Windows, Linux, Mac.
- Membagikan webcam kepada seluruh pihak luar yang berkepentingan untuk melakukan meeting/pertemuan, menghadiri pertemuan/meeting, mengkoneksikan meeting audio (suara) agar dapat mendengar suara dari pertemuan tsb, menjadwalkan pertemuan, memilih opsi sharing yang terbaik, share/berbagi tampilan(dekstop) agar pihak lain dapat melihat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar